Email Server

Email server adalah suatu aplikasi pada computer yang bertindak sebagai sebuah server (penyedia layanan) dalam jaringan atau internet yang memiliki fungsi untuk melakukan penyimpanan dan distribusi yang berupa pengiriman, penyaluran dan penerimaan surat elektronik. Mail server berjalan pada protocol TCP/IP, yaitu SMTP (port 25), POP3 (port 110) dan IMAP (port 143).

Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan. Mulai dari surat elektronik dikirim → Internet → POP3 server penyedia surel penerima → mail client (di komputer si penerima) → surat elektronik dibaca si penerima.
Terlihat surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 poin (selain komputer pengirim dan penerima). Sebenarnya lebih dari itu sebab setelah surat elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak server-server lainnya. Tidak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita kirim disadap orang lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan, dengan mengacak (enkripsi) data dalam surat elektronik tersebut (contohnya menggunakan PGP, sertifikat digital, dan lain-lain).
Referensi :
  1. Elearning Wasum. 2017. Administrasi Server. htpp://elearning.dwasum.web.id. (Diakses pada 13 Desember 2017 22.40 WIB).
  2. Mail Server. 2017. https://id.wikipedia.org/wiki/Surat_elektronik (Diakses pada 13 Desember 2017 21.35 WIB).

Posting Komentar

0 Komentar