Berita :
Loading...

Windows 2000 VS Windows Vista

Walaupun Mikrosoft selalu mengklaim bahwa Windows Vista adalah generasi Windows yang paling Secure, ternyata hasil tes menyatakan bahwa Windows 2000 masih dianggap yang paling tangguh soal keamanan.
Bila dibandingkan dengan pendahulunya, Windows XP Vista memang lebih aman sekitar 37%. Tapi bila dibanding Windows 200 yang sudah berumur 8 tahun, ternyata produk ini masih kalah jauh. Hasil tes yang dilakukan oleh PC Tools Software.
Penelitian itu melibatkan 1,4 juta komputer yang menggunakan software ThreatFire sebagai pelindungnya. Hasil tes menunjukkan bahwa Vista meloloskan 639 ancaman dalam seribu komputer sementara Windows 2000 hanya mampu ditembus oleh 586 threat saja. Dan ternyata Windows XP menduduki posisi terburuk dengan membiarkan 1.21 Malware lolos begitu saja.
Menurut Michael Greene dari PC Tools, belum ada informasi lengkap dengan ThreatFire mengenai data Malware yang lolos Michael menduga bahwa beberapa komputer yang di uji telah terinstall Antivirus. Yang jelas, beberapa Malware yang lolos itu telah sampai tahap membuat kerusakan.
ThreatFire sendiri adalah produk PC Tools yang membentengi komputer dari serangan virus atau malware dengan cara yang berbeda dengan produk lain. Bila produk lain menggunakan cara mencocokkan sampel dengan database yang ada, maka ThreatFire menggunakan metode analisa pola prilaku malware tersebut.
Sementara pihak Microsoft yang dikonfirmasi melepas pernyataan lewat email bahwa mereka menghargai usaha yang dilakukan oleh PC Tools namun mengingatkan bahwa PC Tools bergerak di bidang produk anti-malware. Microsoft menyampaikan bahwa hasil tes yang dilakukan oleh Microsoft menunjukkan fakta yang berbeda. Windows Vista hanya ditembus 2,8% Malware saja sementara Windows 2000 tertembus sampai 12,2%.Tes ini dilakukan Microsoft dengan menggunakan Malicious Software Removal Toll (MSRT) pada 400 juta komputer antara Juni dan Desember 2007 lalu.(KPL).
Sumber : Radar Cirebon Minggu Kedua Mei 2008 (Hal. 16)

0 Komentar: