DHCP Server

Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) adalah suatu layanan yang secara otomatis memberikan alamat IP kepada computer yang meminta ke DHCP server. Dengan demikian, sebagai seorang administrator jaringan, tidak perlu lagi mengatur alamat IP Address pada computer client yang dikelolanya. DHCP dapat mengurangi resiko duplikasi IP Address atau invalid IP Address.
Sebuah server DHCP dapat diatur dengan pengaturan yang sesuai dengan keperluan jaringan tertentu. Seperti pengaturan default gateway, DNS, subnet mask, range IP yang dapat diambil oleh computer client. Computer yang menyediakan layanan ini disebut DHCP Server, sedangkan computer yang meminta disebut dengan DHCP Client. DHCP Server menerima permintaan dari host. Server kemudian memberikan alamat IP dari satu set alamat standar yang disimpan dalam database. Setelah informasi alamat IP dipilih, server DHCP menawarkan ke host yang meminta pada jaringan. Jika host menerima tawaran tersebut, maka IP akan disewa untuk jangka waktu tertentu, bisa dalam menit, jam, ataupun hari. Jika computer client tidak dapat berkomunikasi dengan DHCP server untuk mendapatkan IP address, maka SO Windows akan secara otomatis akan memberikan Private IP Address, yaitu dengan IP 169.254.0.0 – 169.254.255.255.
Karena DHCP merupakan sebuah protokol yang menggunakan arsitektur client/server, maka dalam DHCP terdapat dua pihak yang terlibat, yakni DHCP Server dan DHCP Client.
  • DHCP servermerupakan sebuah mesin yang menjalankan layanan yang dapat "menyewakan" alamat IP dan informasi TCP/IP lainnya kepada semua klien yang memintanya. Beberapa sistem operasi jaringan seperti Windows NT Server, Windows 2000 Server, Windows Server 2003, atau GNU/Linux memiliki layanan seperti ini.
  • DHCP clientmerupakan mesin klien yang menjalankan perangkat lunak klien DHCP yang memungkinkan mereka untuk dapat berkomunikasi dengan DHCP Server. Sebagian besar sistem operasi klien jaringan (Windows NT Workstation, Windows 2000 Professional, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 atau GNU/Linux) memiliki perangkat lunak seperti ini.

Posting Komentar

0 Komentar