Berita :
Loading...

Sepuluh Keahlian TI Paling Dicari

Bidang Teknologi Informasi (TI) kerap digembar-gemborkan punya masa depan yang cerah, peluang kerjanya besar, dan gajinya termasuk menggiurkan. Keahlian teknologi informasi yang bakal paling di cari di masa depan diaantaranya adalah :

  • Mobilisasi aplikasi. Mobilisasi mengubah gaya hidup orang. Sekarang perangkat genggam seperti ponsel PDA dan smartphone menjadi bisnis yang penting. Akibatnya banyak perusahaan membutuhkan orang yang mampu memperluas penggunaan aplikasi seperti ERP atau procurement ke perangkat mobile.
  • Jaringan Nirkabel. Perkembangan standar teknologi nirkabel seperti Wi-Fi, WiMax, dan Bluetooth membuat keahlian mengamankan transmisi nirkabel berada di peringkat paling atas. Yang banyak dibutuhkan saat ini adalah administrator jaringan dengan spesialisasi di bidang wireless. Seseorang yang tahu bagaimana perangkat wireless bekrja di jaringan bukan sekedar teknisi.
  • Desain Antarmuka. Bidang lain yang menjanjikan adalah interaksi antara komputer dan manusia atau desain antarmuka (user interface), baik desain aplikasi web maupun desktop.
  • Project Management. Perusahaan membutuhkan calon-calon manajer proyek (proyek namager) yang bisa memimpin tim, membuat project life cycle yang masuk akal, dan mampu mengelola sebuah proyek. Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan saat wawancara kerja adalah bagaiman cara mengatasi konflik dalam tim.
  • Jaringan Umum. Bidang TI tak bisa lepas dari jaringan sehingga Profesional TI berlatar belakang non jaringan pun sebaliknya memahami konsep-konsep dasar jaringan, seperti TCP/IP, Ethernet, Fiber Optic, dan komputasi jaringan.
  • Teknisi Jaringan Konvergensi. Makin banyak perusahaan yang mengimplementasikan VoIP, makin besar pula kebutuhan mereka akan administrator jaringan yang memahami seluk beluk jaringan (seperti LAN, WAN, dan internet) dan bagaimana konvergensinya. Ini merupakan peluang bagi orang-orang yang pernah bekerja di bidang komunikasi dan memahami jaringan TI, atau sebaliknya.
  • Programming Open Source. Kemampuan Programming Linux, Apache, MySQL, dan PHP (atau bisa disingkat LAMP) bisa dibilang sangat diminati. Salah satu penyebabnya adalah ketidakpuasan customer dan kekhawatiran mereka terhadap masalah sekuriti, utamanya di wilayah sistem operasi dan database.
  • Embedded Security. Sekarang, sudah jadi tren bahwa semua lowongan TI mensyaratkan keahlian dan sertifikat di bidang keamanan. Apapun bidang TI-nya, perusahaan mengharapkan pencari kerja memiliki pemahaman mengenai sisi sekuritinya.
  • Integrasi Teknologi Rumah Digital. Pertumbuhan pasar home video dan audio, serta keamanan rumah dan sistem lighting otomatis membuat segmen rumahan menjadi ladang bisnis teknologi yang subur. Tapi siapa yang bisa memasang sistem-sistem tersebut atau memperbaikinya ketika terjadi masalah? Coba saja ambil sertifikasi Digital Home Technology Integrator dari CompTIA dan Customer Electronics Association.
  • NET, C#, C++, dan Java yang Plus. Bukan hanya coder yang dicari, tapi keahlian programming.NET, C#, C++, dan Java yang dibarengi dengan kemampuan memimpin tim atau mengkoordinasikan proyek.

Diambil dari PCPlus Edisi : 290 dan berbagai sumber.

2 Komentar:

Anonim mengatakan...

Numpang COPAS ya Om....

rnsaputra mengatakan...

siipp banget nie...

numpang COPAS juga ya...