Pemilihan Aplikasi untuk Server

1. Pengertian Mengadministrasi server dalam jaringan
Mengadministrasi server dalam jaringan adalah suatu bentuk pekerjaan yang dilakukan oleh administrator jaringan yang mempunyai tufas untuk membuat server, mengelola server jaringa yang tersambung dengan server, memonitor jaringan dan juga mengamankan transfer data dalam jaringan tersebut. Langkah-langkah yang dilakukan administrator adalah sebagai berikut :
  1. memilih aplikasi untuk server
  2. memilih system operasi untuk jaringan
  3. memilih komponen server
  4. menetapkan spesifikasi server
  5. menguji server
  6. membangun dan mengkonfigurasi server
  7. memonitor kinerja jaringan.
Pekerjaan mengadministrasi server dalam jaringan memerlukan ketelitian dan kesabaran yang tinggi agar didapat hasil yang menarik. Computer yang terhubung jaringan local atau luas harus diatur dengan baik oleh seorang admin, atau pembagian pakai, keamanan dan kenyamanan data untuk diakses dan masih banyak lagi yang harus ditata rapi oleh seorang admin jaringan. 
2. Server
Server adalah sebuah system jaringan yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan computer. Server didukung dengan sumber daya yang cukup besar dan dilengkapi dengan system operasi khusus yaitu system operasi jaringan. Server juga menjalankan perangkat lunak administrative yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat didalamnya seperti halnya berkas atau pencetak dan memberikan akses kepada anggota jaringan.
Dilihat dari fungsinya, server dikategorikan menjadi dua jenis yaitu server aplikasi dan server data.
Referensi :
  1. Elearning Wasum. 2017. Administrasi Server. htpp://elearning.dwasum.web.id.  (Diakses pada 13 Desember 2017 20.40 WIB).
  2. 2017. Server Microsoft. https://www.microsoft.com/id-id/ (Diakses pada 13 Desember 2017 21.05 WIB).

Posting Komentar

0 Komentar