Sehat Dalam Berpuasa

Menjalani ibadah puasa adalah sebuah kewajiban bagi umat muslim, jika dilihat dari sisi kesehatan, tersimpan banyak manfaat. Tapi, tentu saja perlu dijalani dengan aturan yang benar dan tidak asal-asalan.
Berikut ini ada beberapa trik yang bisa membantu anda dalam menjalani puasa kali ini.
  1. Jangan tinggalkan sahur. Sahur merupakan satu rangkaian puasa yang sangat disarankan. Saat puasa, tubuh kita tak mendapatkan masukan gizi kurang lebih selama 14 jam, sehingga penting untuk sahur.
  2. Jangan tunda berbuka. Setelah seharian menahan lapar dan dahaga tentunya energi kita terkuras. Untuk memulihkannya, saat berbuka makan karbohidrat sederhana yang terdapat dalam makanan manis.
  3. Makanlah secara bertahap. Jangan langsung menyantap habis hidangan yang disediakan di atas meja. Itu bukanlah pola yang bagus untuk kesehatan.
  4. Jangan tinggalkan olahraga. Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Justru aktifitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo.
  5. Konsumsi banyak air. Perbanyak minum air untuk simpanan dalam tubuh supaya organ berfungsi dengan baik. Yang disebut air bukan hanya berupa air putih, tapi susu, sirup dan teh pun termasuk di dalamnya.
  6. Kendalikan emosi. Dengan mengendalikan emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat.
Apakah anda bisa melakukan trik-trik itu?
Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Posting Komentar

0 Komentar