Web Server

Web server adalah server web yang dapat dijalankan di multi system operasi (Unix, BSD, Microsoft Windows dan Netware) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan sites web. Protocol yang digunakan untuk melayani fasilitas web ini menggunakan HTTP.

Fungsi utama sebuah server web adalah untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang telah ditentukan. Disebabkan sebuah halaman web dapat terdiri atas berkas teks, gambar, video, dan lainnya pemanfaatan server web berfungsi pula untuk mentransfer seluruh aspek pemberkasan dalam sebuah halaman web yang terkait; termasuk di dalamnya teks, gambar, video, atau lainnya.
Web server merupakan sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP/HTTPS dari client yang dikenal dengan web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman web yang umumnya berbentuk HTML. Salah satu web server yang terkenal di Linux adalah Apache. Apache merupakan web server multiplatform yang dapat dijalankan di beberapa platform seperti Linux dan Windows. Web server juga merupakan sebuah computer yang menyediakan layanan untuk internet. Server disebut juga dengan host. Agar kita dapat memasukkan web yang sudah dirancang didalam internet, maka kita harus memiliki space terlebih dahulu dalam internet dan space itu disediakan oleh server. Jenis web server diantaranya adalah :
- Apache Web server
- Internet Information Service (IIS) produk Ms. Windows Sever 2003.
- Light HTTP
- Xampp
Referensi :
  1. 2017. Server Web. https://id.wikipedia.org/wiki/Server_web (Diakses pada 13 Desember 2017 21.15 WIB).

Posting Komentar

0 Komentar