Berita :
Loading...

Tips Mengatasi Stress

Setelah membaca postingan yang berjudul Tipe Kepribadian yang rawan Stress, Gejala Stress, dan Mengenal Stress. Kali ini saya akan memberikan tips mengatasi stress.
Tips-tips itu diantaranya adalah :
  1. Melakukan eccupressure. Pijatan-pijatan pada titik tertentu akan membantu anda menstimulasi titik-titik penyembuhan. Prosedur ini sangat bagus untuk membantu anda relax dan membantu meringankan kepenatan. Accupressure juga telah terbukti dapat membantu orang-orang untuk tidur lebih nyenyak di malam hari.

  2. Olah raga sangat efektif untuk membantu mengatasi stress karena berolah raga akan memperlancar peredaran darah dan membuka jantung untuk menerima lebih banyak oksigen. Berolah raga juga akan membantu anda untuk dapat tidur lebih nyenyak di malam hari. Energi yang dilepaskan pada saat kita berolah raga juga akan menstimulasi tubuh untuk memproduksi lebih banyak endorphins yang merupakan hormon yang menyebabkan kita terasa bahagia

  3. Terlibat dalam aktifitas yang dapat menenangkan pikiran, seperti rutinitas spiritual,dan terlibat dalam kegiatan sosial, mengembangkan hobi dan rekreasi.

  4. Mencintai dan menerima diri apa adanya (kelebihan dan kekurangnnya). Menerapkan konsep syukur nikmat.

  5. Makan makanan yang bergizi. Pada saat kita dalam kondisi stress, makan secara teratur dan makanan yang mengandung karbohidrat rendah akan sangat membantu menjaga keseimbangan gula darah. Makan makanan yang mengandung terlalu banyak karbohidrat bukanlah hal yang baik karena akan meningkatkan kandungan insulin dalam darah yang akan menyebabkan anda merasa lelah.

  6. Minum air putih. Hanya dengan minum satu atau dua gelas air putih akan sangat membantu anda untuk lebih relax dan dengan cairan tubuh yang cukup, anda akan terhindar dari kepenatan dan kelelahan yang akan semakin memperburuk keadaan jika anda stress.

  7. Tidak menjadi orang yang terlalu dominan maupun penurut, tetapi jadilah orang yang asertif (memiliki kepercayaan diri dan harga diri, bertindak secara rasional dan dewasa, menyatakan secara langsung apa yang diinginkan, memiliki pendekatan yang khan terhadap hidup, jujur, positif, terbuka, serta menghargai dan memahami orang lain seperti yang dilakukan terhadap diri sendiri).

  8. Berpikir positif dan menhindari berpikir negatif. Jauhi prasangka buruk, tentu saja tanpa menhilangkan kewaspadaan dan usaha klarifikasi.

  9. Istirahat yang cukup. Kelelahan bukan kondisi yang bagus untuk mengatas stress.Kondisi kurang tidur akan membuat anda melihat masalah secara berlebihan dan memperburuk situasi.

  10. Lakukan meditasi. Para pakar mengatakan bahwa cara paling ampuh untuk mengatasi stress adalah meditasi. Karena meditasi dapat membantu seseorang untuk menjernihkan pikiran dan berkonsentrasi pada ketenangan alam sekitarnya. Telah dibuktikan bahwa meditasi selama 15 menit memberikan istirahat dan ketenangan yang lebih dibandingkan tidur nyenyak selama 1 jam. Tapi sebenarnya hanya dengan meditasi1-2 menit setiap hari sudah dapat memberikan efek positif yang luar biasa untuk anda. Mulailah dengan duduk tegak dan kosongkan pikiran anda. Meditasi akan membantu anda melupakan pikiran-pikiran dan kekhawatiran yang menyebabkan anda menjadi stress.

  11. Sumber : Dari berbagai sumber

1 Komentar:

namaku wendy mengatakan...

aku termasuk orang yg suka stress gak yah hehehe hmmm tak inget2 dulu ah eh sekarang:p