Berita :
Loading...

Aplikasi Pencari Letak Sekolah dengan Menggunakan LBS berbasis J2ME

Seiring dengan teknologi yang terus berkembang seakan tidak ada titik akhir, hal itu menjadi sebuah peluang bagi para pengembang Information Technology (IT). Salah satunya adalah teknologi mobile device yang berkembang sangat signifikan. Sebagian besar orang telah bergantung pada mobile device untuk memperoleh informasi. Informasi merupakan kebutuhan utama bagi sebagian besar manusia. Dengan menggunakan perangkat bergerak (mobile device), informasi bisa didapatkan di mana pun berada dalam waktu singkat. Di antaranya yaitu informasi tentang lokasi sekolah yang merupakan kebutuhan sebagian besar masyarakat. Namun, sering kali masyarakat kesulitan dalam menemukan lokasi sekolah yang ada, terutama di kota-kota kecil atau pedalaman. Sehingga banyak lokasi sekolah yang jauh dari jangkauan tidak menjadi rujukan karena tidak diketahui oleh masyarakat. Tentu saja ini berakibat pada perkembangan daerah tersebut. Selain itu, lalulintas di beberapa daerah yang relatif padat, tentu saja akan menghabiskan banyak waktu untuk menuju lokasi sekolah yang akan dituju. Sehingga waktu akan terbuang sia-sia selama diperjalanan.
Penelitian ini membahas mengenai aplikasi pencarian lokasi sekolah di Kota Cirebon menggunakan metode Location Based Service. Aplikasi ini dibuat agar pengguna telepon genggam berbasis Java dapat mengetahui informasi tentang letak lokasi sekolah dari keberadaan pengguna. Aplikasi dijalankan dengan telepon genggam berbasis Java yang banyak digunakan karena Java bersifat open source, dinamis (Java bisa dipakai dibanyak platform hardware) dan mudah dalam pemakaiannya. Interface ini dibuat semudah mungkin agar pemakai bisa mudah memahami dalam penggunaannya dan efisien dalam waktu. Aplikasi ini menggunakan NetBeans sebagai tempat editor untuk menulis script Java.
Aplikasi ini telah di uji coba pada telepon genggam berbasis Java yaitu, Nokia X2 dan Nokia C6. Tampilan aplikasi ini didesain untuk memudahkan pengguna. Saat terinstal pada handphone, icon aplikasi akan muncul di menu application.
Saat user membuka aplikasi, maka akan muncul SplashScreen sekitar 5 detik. Kemudian pengguna akan masuk ke menu utama. Pada menu utama pada aplikasi ini terdapat beberaa menu seperti Mulai, Bantuan, Tentang dan Keluar. Pengguna aplikasi dapat memilih tombol Mulai yang digunakan untuk memilih halaman sub menu pencarian yaitu berdasarkan “sekolah” dan berdasarkan “kecamatan”. Apabila memilih sub menu sekolah akan masuk sub menu selanjutnya yaitu button image SD, SMP, SMA. Jika pengguna menekan salah satu button image tersebut, maka aplikasi akan menampilkan map dari keberadaan pengguna. Pada map keberadaan pengguna dan letak sekolah ditandai dengan marker image seperti dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

0 Komentar: