Berita :
Loading...

Tipe Kepribadian yang Rawan Stress

Setelah memposting yang berjudul Mengenal Stress dan 24 Gejala Stress, kali ini saya akan memposting tentang tipe-tipe kepribadian yang rawan stress. Adapun tipe-tipenya adalah :
Orang yang sangat hati-hati. Orang jenis ini berfeksionis, kaku, dan kurang memiliki toleransi terhadap perbedaan. Sehingga, sedikit perbedaan atau sedikit kurang saja dari standartnya bisa menimbulkan kecemasan baginya. Kecemasan berlebihan dan bisa berkembang menjadi obsesif kompulsif, yaitu kekakuan dan keterpakuan pada suatu aktivitas tertentu saja.
Orang yang pencemas. Umumnya orang jenis ini sering merasa tidak aman, cenderung kurang tenang, dan sering meresahkan segala sesuatu. Inilah yang membuatnya jadi cepat panik dalam menghadapi suatu masalah.
Orang yang kurang percaya diri. Orang jenis ini merasa diri tidak mampu sehingga kurang usaha untuk mengoptimalkan diri dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapinya. Ia akan berusaha lari dari masalah atau berusaha mencari pelarian. Akibatnya, masalah tidak pernah selesai. Selama masalah tidak selesai, seseorang akan selalu dihinggapi stress.
Orang yang temperamental. Emosinya cepat terpancing. Masalah kecil bisa berakibat besar karena mudah meledak-ledak. Akibatnya, banyak orang yang tertekan dan akhirnya bereaksi. Kondisi ini tentu saja membuat emosinya semakin tegang dan meninggi.
Selain itu ada beberapapola reaksi yang perlu diwaspadai, yang merupakan pintu masuknya stress yang negatif (distress). Siapapun kita pasti pernah atau akan bertemu dengan pola-pola reaksi ini (kejengkelan, marah, dan agresi, kegelisahan, depresi, suasana hati yang cepat berubah, dan menarik diri).

Sumber : Dari berbagai sumber

0 Komentar: