Berita :
Loading...

Jaga Pandangan

Salah satu nikmat pemberian Allah SWT adalah mata. Baiknya fungsi mata sangat mempengaruhi interaksi kita dengan lingkungan. Mata merupakan nikmat tak ternilai yang patut disyukuri. ''Dialah yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan, dan hati, (tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.'' (QS Al-Mulk: 23).
Mata mempunyai hak yang harus ditunaikan penggunanya sesuai kehendak Allah SWT. Mata hanya titipan yang tidak bisa dipakai seenaknya mengikuti hawa nafsu yang menjerumuskan manusia ke jurang kehinaan. Mata hati yang buta akan menutup cahaya Ilahiyah dari-Nya. ''Katakanlah kepada laki-laki yang beriman hendaklah mereka menahan pandangannya. Katakanlah kepada perempuan yang beriman hendaklah mereka menahan pandangannya.'' (QS An-Nur: 30-31).
Suatu perintah yang sangat jelas bagi mereka yang mengaku beriman. Orang sering menganggap remeh perintah Allah SWT tersebut dan dianggap sebagai dosa kecil. Sebab, dosa pandangan mata ini dapat menimbulkan dosa yang lebih besar.
Banyak contoh kasus perzinahan bermula dari ketidakmampuan seseorang menahan pandangan terhadap lawan jenis. Mata yang sering diumbar untuk melihat gambar di media cetak maupun media elektronik yang mengundang nafsu. Padahal, pandangan mata yang terjaga dari yang diharamkan karena takut kepada Allah SWT akan memberi nikmat di dalam hati.
Kita sangat berharap memiliki mata yang sehat secara fisik maupun secara rohani, yaitu digunakan sesuai kehendak Allah SWT. ''Pandangan mata (bebas) adalah panah beracun dari iblis. Siapa yang meninggalkan karena takut kepada Allah akan memberikan keimanan yang kenikmatannya dirasakan dalam hati.'' (HR Hakim, Thabarani, dan Baihaqi).
Pandangan mata orang beriman akan digunakan untuk melihat tanda-tanda kebesaran Allah SWT sebagai wujud rasa syukur. ''Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang? Kemudian pandanglah sekali lagi niscaya penglihatanmu akan kembali kepadamu dengan tidak menemukan sesuatu cacat dan penglihatanmu itu pun dalam keadaan payah." (QS Al-Mulk: 3-4).
Ilmu bermanfaat dapat juga kita peroleh melalui mata dengan membaca ayat-ayat Alquran. Godaan mata memang banyak di sekitar kita, tetapi dengan ketaatan yang tulus kepada Allah SWT, pertolongan-Nya akan selalu diberikan bagi hamba-Nya.

0 Komentar: