Tiga Puluh Empat Tema Bakat

Hari ini (5 April 2013), saya berkunjung ke 3rd Cirebon Islamic Book Fair 2013 yang diadakan tanggal 3-10 Mei 2013 di Gedung Islamic Centre Cirebon (ICC). Disana banyak buku-buku dari berbagai penerbit yang sengaja dipamerkan. Setelah memborong beberapa buku dari Pro U Media, Gema Insani Press, Interprebook, dan Diva Press, saya menemukan buku yang berjudul “Bakat dan Hobi Anda adalah Harta Termahal Anda” yang diterbitkan oleh Syura Media Utama.
Setelah saya membaca kata pengantar dari buku tersebut, akhirnya saya tertarik dan membeli buku itu. Kutipan yang saya posting dari buku tersebut adalah pada halaman 15 s.d 19 yang bertulis sebagai berikut :
Seorang pakar yang bernama Gallup (2001) telah mengidentifikasi bahwa manusia memiliki 34 tema bakat. Semua bakat ini bersifat positif dan mengarah pada tumbuhnya produktifitas yang unggul. Berikut adalah ke-34 bakat yang dimaksud:
  1. Achiever : Memiliki stamina tinggi dan juga seorang pekerja keras. Mendapat kepuasan dari kesibukan dan produktivitas.
  2. Activator : Mampu merealisasikan ide-ide atau gagasan menjadi suatu tindakan nyata. Cenderung tidak sabar.
  3. Adaptibility : Cenderung bisa mengikuti arus, mampu menjadi orang masa kini maupun menyiapkan untuk masa mendatang.
  4. Analytical : Cenderung mencari penjelasan dan sebab sesuatu terjadi. Punya kemampuan mencari tahu faktor-faktor yang mempengaruhi situasi.
  5. Arranger : Terorganisir, tetapi juga fleksibel. Senang berusaha memanfaatkan sumber-sumber yang ada agar menghasilkan produktivitas maksimal.
  6. Belief : Memiliki nilai-nilai atau prinsip yang cenderung menetap, dalam mencapai tujuan hidupnya.
  7. Command : Mampu mengontrol situasi dan membuat keputusan.
  8. Communication : Mampu menyampaikan gagasan melalui kalimat yang mudah dipahami, seorang lawan bicara dan presenter yang baik.
  9. Competition : Selalu mengukur kemajuan dirinya dengan performa orang lain, berusaha menjadi nomor satu.
  10. Connectedness : Memiliki keyakinan dalam hubungannya dengan segala hal, meyakini bahwa kebetulan hanya sebagian kecil, setiap kejadian ada penyebabnya.
  11. Consistency : Berusaha adil, dengan cara membuat aturan yang jelas.
  12. Context : Senang memahami kejadian masa kini melalui sejarah.
  13. Deliberative Sangat berhati-hati dalam mengambil keputusan atau menentukan pilihan, mengantisipasi kesalahan.
  14. Developer : Mengenali potensi orang lain, memperhatikan perkembangan walaupun kecil, dan memperoleh kepuasan darinya.
  15. Discipline : Menikmati bekerja dalam struktur dan rutinitas, bekerja dalam arahan/aturan.
  16. Empathy : Mampu merasakan perasaan orang lain membayangkan dirinya berada di posisi orang lain.
  17. Focus : Bekerja dengan tujuan, melakukan tindakan selama masih dalam koridor tujuan, membuat prioritas lalu bertindak.
  18. Futuristic : Terinspirasi oleh apa yang akan terjadi di masa mendatang, dan apa yang bisa dilakukan. Menginspirasi orang lain dengan visinya itu.
  19. Harmony : Mencari konsensus, tidak menyukai konflik, mencari jalan tengah.
  20. Ideation : Memiliki banyak ide, mampu menghubungkan fenomena yang berbeda.
  21. Includer : Mudah menerima orang lain, menunjukkan kepedulian terhadap orang yang merasa diasingkan, berusaha mengguyubkan.
  22. Individualization : Tertarik dengan keunikan masing-masing orang, mampu melihat bagaimana orang yang berbeda-beda dapat bekerjasama secara produktif.
  23. Input : Senang mengumpulkan dan mencari berbagai informasi.
  24. Intellection : Memiliki daya intelektualitas tinggi, meminati diskusi-diskusi intelektual.
  25. Learner : Memiliki keinginan besar untuk belajar dan terus melakukan perbaikan.
  26. Maximizer : Cenderung fokus pada kekuatan untuk mendorong orang ataupun kelompok lebih maksimal, berusaha merubah sesuatu yang kuat menjadi super.
  27. Positivity : Antusias, mampu membuat orang lain tertarik dengan apa dilakukannya.
  28. Relator : Menikmati hubungan dekat dengan orang lain, mendapat kepuasan mendalam dengan bekerja keras bersama teman dalam mencapai tujuan.
  29. Responsibility : Merasa apa yang dikatakan adalah apa yang akan dilakukannya, komitemen pada nilai-nilai seperti kejujuran dan kesetiaan.
  30. Restorative : Cakap dalam mencari tahu penyebab masalah dan berusaha menyelesaikannya.
  31. Self-Assurance : Percaya diri pada kemampuannya dalam mengatur hidupnya sendiri,yakin bahwa ia telah membuat keputusan yang tepat.
  32. Significance : Ingin menjadi orang yang penting di mata orang lain, cenderung mandiri, dan ingin dikenal.
  33. Strategic : Membuat solusi alternatif atau antisipasi, dapat dengan cepat mengetahui hubungan dan isu-isu yang relevan.
  34. Woo : Senang berhadapan dengan orang-orang, dan menjadi pusat perhatian. Memperoleh kepuasan dari memulai hubungan dengan orang lain.
Begitulah. Setiap manusia memang memiliki kecenderungan bakat masing-masing. Kuantitas dan kualitas bakat itu pun tak sama pada setiap orang.
Pasti Anda lebih tahu bakat apa yang terpendam pada diri Anda. Mulailah hari ini untuk mengembangkan bakat Anda tersebut.
Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil.

Posting Komentar

0 Komentar